Perbedaan Antara Industri Kupon Online di Indonesia dan Eropa

Saleduck

Perbedaan antara Industri Kupon Online di Indonesia dan Eropa

GRATIS Seminar Bisnis Online Tanpa Modal
Bergabunglah bersama 36 ribu anggota Asosiasi Bisnis Digital (ABD) yang sudah memiliki bisnis online tanpa modal dengan bantuan LADOVA Consulting, Digital Business Consulting
GRATIS menghadiri seluruh pelatihan bisnis online tanpa modal dengan menjadi anggota Asosiasi Bisnis Digital (ABD)

Artikel Terbaik LADOVA – Agustus 2016

Ditulis oleh: Cecilia Harjadan, Country Manager Saleduck Indonesia

Cecilia HarjadanCecilia Harjadan, seorang country manager Indonesia dari perusahaan Saleduck, ingin membagikan pengalamannya seputar dunia affiliate marketing dan industri coupon website secara eksklusif. Menjadi bagian dari perusahaan start-up asal Belanda, yang sudah berhasil di 9 pasar Eropa dan di tahun 2016 melebarkan sayapnya ke 5 negara di Asia Tenggara, telah memberikan pengetahuan dan gambaran yang nyata tentang perbedaan penawaran kupon diskon dan promosi dalam online shopping di antara 2 benua ini.

Di Asia Tenggara, affiliate marketing (program afiliasi atau kemitraan) masih merupakan sesuatu yang baru, tetapi perlahan dan pasti telah banyak perusahaan-perusahaan, terutama yang bergerak di industri digital marketing sudah menerapkan model marketing yang satu ini. Terdapat beberapa kategori dari program afiliasi, tetapi pada artikel ini kita akan mengupas tuntas bentuk afiliasi dalam industri coupon website.

Pasti kebanyakan orang awam akan bertanya-tanya apa itu affiliate marketing dan bagaimana cara kerjanya? Nah pada dasarnya, terdapat 3 pihak yang terlibat, yaitu publisher, affiliate network, dan advertiser. Publisher akan menggunakan website mereka untuk memasarkan atau meletakkan iklan yang disertakan link ke website pihak advertiser. Dengan kata lain, jika pengunjung dari website publisher meng-klik iklan dari pihak advertiser, maka secara otomatis pengunjung situs akan langsung dihubungkan ke website dari advertiser. Dengan bantuan sebuah cookie, para perusahaan affiliate network akan mendeteksi adanya suatu kegiatan antara kedua belah pihak, contohnya jika pengunjung tersebut melakukan pembelian barang atau berlangganan newsletter dari pihak advertiser, maka publisher akan menerima sejumlah komisi.

Seperti hal nya dalam industri kupon belanja online, website penyedia kupon akan masuk dalam kategori publisher, dimana mereka akan mengiklankan berbagai kode kupon dan voucher diskon yang telah disediakan oleh advertiser. Jika ada pengunjung yang meng-klik dan membuka kode kupon tersebut, mereka akan secara langsung disambungkan ke website dari pihak advertiser. Dan apabila pengunjung tersebut membeli suatu produk, maka pihak publisher akan menerima sejumlah komisi.

Pada umumnya, prinsip dan prosedur dari affiliate marketing untuk coupon website akan selalu sama diterapkan di seluruh dunia, akan tetapi ada beberapa hal yang membedakan antara industri kupon online di ASEAN dan Eropa:

Aplikasi Mobile(1) Lebih fokus pada aplikasi mobile

Tidak dapat dipungkiri, kalau penggunaan handphone di Asia menempati posisi yang tinggi dibandingkan di negara Eropa, bahkan mengalahkan penggunaan PC/ laptop sekalipun. Hal ini memicu banyaknya toko online di ASEAN menaruh perhatian tinggi dalam mempromosikan mobile apps, entah itu IOS ataupun Android. Banyak toko online di Indonesia yang mempunyai aplikasi mobile dan memberikan promo menarik jika melakukan transaksi melalui aplikasi mereka. Hal ini sangat berbeda dengan toko online di Eropa yang lebih mengutamakan website mereka untuk berjualan.

Kartu Kredit(2) Promosi kartu kredit

Berbeda dengan di Eropa, banyak toko online di ASEAN menawarkan diskon spesial apabila melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, contohnya Citibank atau BCA yang memberikan banyak diskon besar-besaran dan cicilan 0%. Anda juga dapat menemukan kode kupon eksklusif untuk promo kartu kredit di coupon website, seperti Saleduck.

(3) Kemudahan bekerjasama langsung antara advertiser dan publisher

Seperti hal nya dalam industri affiliate marketing di ASEAN, perusahaan advertiser dapat melakukan kerjasama secara langsung dengan pihak publisher tanpa harus melalui pihak kedua/ affiliate network. Para advertiser telah menyiapkan technical department yang akan menyediakan software pendeteksi kegiatan afiliasi ataupun menggunakan suatu program marketing seperti Cake untuk mendeteksi transaksi penjualan dari program afiliasi.

(4) Mudahnya prosedur dan syarat dalam program afiliasi

Zalando merupakan salah satu toko online terkenal di Eropa yang sangat selektif dalam menerima partner kerjasama untuk program afiliasi mereka. Bahkan di beberapa negara Eropa, mereka hanya akan menerima kerjasama dengan top three publisher. Hal ini sangat berbeda jauh dengan apa yang terjadi di ASEAN. Keterbukaan dalam berafiliasi yang ditawarkan oleh para advertiser membuat banyaknya para publisher dari dalam maupun luar negeri mengadakan partnership secara mudah.

(5) Kurangnya penawaran free shipping

Banyak toko-toko online di Eropa menawarkan gratis biaya pengiriman tanpa syarat apapun ataupun mereka akan memberikan kode diskon gratis ongkir yang harus dimasukkan pada saat check out transaksi. Selain itu, ada juga fasilitas pengembalian produk secara gratis, dimana hal ini jarang diberikan oleh toko online di ASEAN.

(6) Sedikitnya kehadiran para affiliate network

Di Eropa, pada umumnya publisher akan melakukan kerjasama yang cukup erat dengan para affiliate network. Walaupun begitu, ada beberapa affiliate networks di ASEAN yang memiliki nama baik dan terpercaya, seperti Accesstrade.

(7) Perbedaan dalam komisi

Di ASEAN, perbedaan komisi antara customer lama dan baru merupakan sesuatu yang wajar dan sering terjadi dalam setiap kegiatan transaksi.

Dapat disimpulkan, bahwa hanya strategi bisnis yang unik dan berbeda yang dapat berhasil di industri e-commerce di ASEAN. Peranan gadget serta mobile apps sangatlah penting dalam mendukung kesuksesan sebuah bisnis. Beberapa strategi yang dapat digunakan dalam mempromosikan aplikasi mobile, seperti diskon spesial dan gratis biaya pengiriman. Selain itu, Menampilkan review dari para customer sebelumnya, memberikan layanan customer service 24 jam, keamanan dalam proses transaksi, mengadakan kerjasama dengan bank-bank ternama dalam memberikan diskon/ cicilan 0%, serta mengadakan promo-promo menarik setiap saat merupakan suatu kunci sukses dalam membangun kepercayaan publik pada bisnis e-commerce di ASEAN, khususnya Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*